15.2.09

Belum Tentu...

Pada suatu hari, di musim dingin, nampak seekor burung kecil yang tengah kelelahan karena menempuh perjalanan jauh untuk meninggalkan tempat tinggalnya menuju ke selatan, ke daerah yang bersuhu lebih tinggi.


Karena lelah yang tak tertahankan, dan tubuh yang semakin menggigil, Ia pun terjatuh tak sadarkan diri. Udara yang semakin dingin dan lelah yang membuatnya lemah, membuat Sang Burung pasrah, tak ada harapan lagi.


Dalam keadaan tak berdaya, tiba-tiba seekor kerbau melintas. Sang Burung hanya berharap Si Kerbau tidak menginjaknya. Ternyata Sang Kerbau memang tak menginjaknya. Namun, Sang Kerbau membuabg kotoran tepat menimpa Sang Burung yang hanya menggigil tak berdaya. Akan tetapi sungguh menggembirakan, ternyata kotoran tsb justru memberikan kehangatan bagi Sang Burung. Dan akhirnya harapan baru pada Sang Burung. Dan bersiap-siap untuk berkicau dan meneruskan perjalanannya ke selatan.


Namun tiba-tiba datang seekor kucing sambil mengais-ais sambil mencari makanan. Sang Kucing pun mengais kotoran kerbau di mana Sang Burung ada di dalamnya. Dan akhirnya Si Kucing menemukan Sang Burung di balik kotoran kerbau tsb. Lalu menerkamnya. Dan berakhirlah Sang Burung Kecil yang malang.


Dari cerita tersebut kita dapat menemukan pesan yang terkandung di dalam penggalan cerita di atas sebagai berikut : "Orang yang mengotorimu belum tentu Ia musuhmu, dan orang yang membersihkanmu mungkin bisa Ia musuhmu"



Sumber: Dialog pada Film "Sniper" & Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar